Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » , » Kaligrafer Asal Bae Krajan Ini Percantik Masjid Al Azwia Bandung

Kaligrafer Asal Bae Krajan Ini Percantik Masjid Al Azwia Bandung


Nama Turmudzi Elfais sudah tidak asing lagi di dunia Kaligrafi Nasional. Pemegang gelar juara menulis khot tingkat ASEAN  di Brunei Darussalam ini selalu berprinsip sesuai hadist Kanjeng Nabi Muhammad bahwa kaligrafi merupakan seni Islam yang sangat tinggi nilainya. Kaligrafi tidak hanya  mencakup manual tulisan Arab (Al-Qur’an maupun Hadits) saja, tetapi terdapat juga ornamen dan hiasan yang indah.


“Dalam hadits nabi terdapat perintah untuk memperbagus tulisan (Khot), niscaya akan terbuka pintu rizki. Jadi berkarya seni ini akan terlihat syiar, begitu pula maisyahnnya,” lanjut beliau.



Kang Turmudzi Elfais untuk tahun ini pun telah berhasil menyelesaikan beberapa orderan untuk Kaligrafi masjid. Yang terbaru adalah karya indah beliau di Masjid Al Azwi’a di bandung.

Pengerjaan kaligrafi di masjid tersebut dimulai saat Ramadhan 1438 H yang lalu yang melipui pengerjaan di dinding keramik dan pengerjaan langit-langit serta pengerjaan kaligrafi di kubah masjid. Semua dapat diselesaikan dengan baik oleh tangan seni Sang maestro Kaligrafi kebanggan desa Bae ini.


Saat ditanyakan bagaimana perkembangan kaligrafi Arab di Indonesia, Saat ini dunia kaligrafi mengalami kemajuan. Bukan saja para seniman yang terus berkarya melainkan minat masyarakat terhadap kaligrafi semakin tinggi. “Para Seniman kaligrafi sekarang selalu  sibuk untuk berkarya baik pesenan ataupun pameran. Bahkan sekarang saya saja menggarap hiasan kaligrafi untuk masjid-masjid.” Imbuh Alumni MA NU TBS Kudus ini.


Di kalangan pelajar, ujar seniman yang beralamat di Jl. Sunan Muria No.12 RT.02 RW.I Bae Kudus ini, sangat meningkat peminatnya. Sekarang ini, belajar kaligrafi sudah banyak diminati pelajar putri.  Untuk meningkatkan kemahiran pelajar, Turmudzi menilai  banyaknya event-event lomba akan menumbuhkan semangat berkompetisi serasa  mengasah ketrampilannya menulis kaligrafi. 



Berbagai macam jenis media kaligrafi telah dikhatamkan oleh Pria yang akrab dipanggil Kang Mudzi oleh para tetangganya ini. Selain untuk dekorasi masjid, beliau juga menerima pesanan kaligrafi dengan media kaca, kaligrafi kanvas, kaligrafi kayu, lukis dinding, kaligrafi nama anak, maupunn jenis kaligrafi berbahan sterofoam. Bahkan karyanya berupa Kaligrafi unik bermedia daun pepaya lah yang mengantarkannya meraih gelar juara Kaligrafi tingkat ASEAN.

Untuk melihat dan memesan berbagai karyanya, sahabat bisa mengunjungi website resmi beliau di www.kaligrafiseni.com



Foto hasil publikasi di website milik Kang Turmudzi
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger