Jl. Kudus Colo Km. 5, Belakang Taman Budaya Bae Krajan, Kudus
Home » » Rangkaian Acara Hari Santri Nasional di Kecamatan Dawe

Rangkaian Acara Hari Santri Nasional di Kecamatan Dawe



Kecamatan Dawe sebagai kecamatan paling ujung utara yang wilayahnya meliputi daerah Gunung Muria, tak ketinggalan  berpartisipasi dalam memperingati Hari Santri Nasional. Banyaknya pondok pesantren, madrasah, dan Aliyah di wilayah Kecamatan Dawe membuat antusias warga untuk ikut menyemarakkan “lebaran” para santri tersebut.

Rangkaian acara diawali dengan perlombaan Futsal yang dihelat mulai hari Jumat 20 oktober 2017 hingga hari Sabtu 21 Oktober 2017 di lapangan Futsal Colo . Sebagaimana diketahui olahraga sepak bola merupakan olahraga yang sangat digandrungi oleh sebagian besar santri laki-laki di pondok-pondok pesantren sehingga panitia memutuskan untuk meneyelnggarakan Lomba Futsal ini dalam rangkaian peringatan Hari Santri Nasional 2017.

Tak lengkap rasanya santri jika tak membaca dan mempelajari Kitab Kuning. Oleh karena itu, pada hari Sabtu 21 Oktober 2017 diadakan lomba membaca Kitab Kuning di MWC NU Kecamatan Dawe. Kitab-kitab berbahasa Arab dengan tulisan Arab Gundul dari berbagai disiplin ilmu ini menjadi ciri khas pembelajaran di pondok-pondok pesantren Nahdliyyin, sehingga Kitab Kuning ini hanya dapat dibaca dan dipahami oleh orang-orang yang sudah mengerti saja.


Hari Ahad tanggal 22 Oktober 2017 digelar Kirab Santri Muria Raya mulai pukul 13.00 WIB dengan mengambil awalan dari Pasar Dawe dan berakhir di kantor MWC NU Kecamatan Dawe. Selain itu di hari yang sama akan ada Aksi 1000 Santri Memungut Sampah yang menyertai Kirab Santri tersebut.

Menulis artikel ala santri juga akan diperlombakan dan di malam harinya masyarakat akan dihibur degan acara bertajuk Panggung Seni Budaya Santri di Gedung MWC NU Kecamatan Dawe mulai ba’da isya.

Mengakhiri rangkaian acara atau sebagai puncak acara, Pengajian Umum bertajuk Santri Lau Bersholawat dan Istighosah Untuk NKRI akan diadakan di Balai Desa Lau Kecamatan Dawe Kudus. Acara yang akan diisi oleh Habib Syafiq Al Kaff dan Kyai Imam Fathoni tersebut akan diselenggarakan pada Kamis malam Jumat 2 November 2017 mulai ba’da isya. Hiburan dari Grup Rebana IPNU Lau juga akan memeriahkan acara yang juga merupakan peringatan Hari Pahlawan 10 November tersebut.
Adv 1
Share this article :

Posting Komentar

 
Musholla RAPI, Gg. Merah Putih (Sebelah utara Taman Budaya Kudus eks. Kawedanan Cendono) Jl. Raya Kudus Colo Km. 5 Bae Krajan, Bae, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Copyright © 2011. Musholla RAPI Online adalah portal dakwah Musholla RAPI yang mengkopi paste ilmu dari para ulama dan sahabat berkompeten
Dikelola oleh Remaja Musholla RAPI | Email mushollarapi@gmail.com | Powered by Blogger